Subscribe:

Labels

Kamis, 15 November 2012

Gara-gara Dukun Patah Tulang, Kaki Bocah Jadi Mirip Mumi

Jakarta, Bocah itu dibawa ke dokter tulang dengan kondisi kaki yang sangat memprihatinkan. Kaki kanannya yang bengkak dan bengkok menghitam, jauh berbeda dengan warna kulit lainnya. Kaki yang kondisinya mirip kaki mumi itu terjadi gara-gara dibebat oleh dukun patah tulang.

"Ini adalah kasus yang kesekian kalinya saya menemukan kaki CTEV seorang anak yang berobat ke dukun dan lalu dibebat, menghitam kemudian kakinya mati dan menyerupai kaki mumi," ucap spesialis ortopedi di RSCM, dr Rahyussalim, SpOT, K-Spine, dalam perbincangan dengan detikHealth, Rabu (14/11/2012).

Ketika dibawa ke dokter, dokter pun memutuskan melakukan operasi untuk memisahkan kaki yang mati dengan jaringan yang sehat. Hal itu dilakukan demi menyelamatkan jaringan yang masih hidup.

Rahyussalim lantas menuturkan kisah pilu lainnya yang muncul gara-gara berobat ke dukun patah tulang. Seorang anak perempuan berumur 5 tahun terjatuh dari sepeda dan mengeluh nyeri di sendi mata kaki kirinya. Bocah itu pun pincang saat berjalan.

Orang tuanya lantas membwa bocah itu ke dukun pijat. Anak itu diurut mata kakinya lalu dipasang bebat pada tungkainya setinggi pangkal betis. Selama 20 hari bebat itu dipasang. Namun apa yang terjadi? Setelah hampir 3 pekan, kondisi bocah itu tak juga membaik. Bahkan tungkainya mulai membengkak dan memerah.

Hingga 6 bulan ternyata tidak perbaikan, bahkan tulang tungkai bocah tersebut nongol keluar. "Ketika datang ke hadapan saya dia sudah tidak bisa jalan. Setelah saya lakukan pemeriksaan ternyata terjadi osteomyelitis kronis pada tulang tibia," terang Rahyussalim.

sumber : http://health.detik.com/read/2012/11/14/143156/2091629/775/gara-gara-dukun-patah-tulang-kaki-bocah-jadi-mirip-mumi?l991101755

0 komentar:

Poskan Komentar